Menu

Saturday, November 21, 2015

Upgrade RAM ASUS A46CB



RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah hardware yg digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak...

RAM menjadi salah satu hal yg menjadi pertimbangan temen-temen (khususnya yg tau tentang PC) untuk membeli sebuah PC (dalam hal ini laptop).  Karena keterbatasan upgrade komponen laptop yang gak sebebas PC Dekstop.  Untuk Laptop yang "biasa" hanya bisa di-upgrade di bagian HDD dan RAMnya saja.!!  Ada si denger-denger Laptop yg bisa upgrade proci ato VGAnya.. entahlah... :D

Nah sebelum temen-temen mau nambah/upgrade RAM laptop sampean, ada hal-hal yg harus dipertimbangkan niih,,,

PERTAMA "Tujuan"
Atas dasar apa temen-temen kok mau upgrade RAM.
Kalo kamu cuman seorang pelajar ato anda yg cuman pake laptop buat ngerjain tugas sekolah ato kantor, kan paling juga pengetikan, presentasi (microsoft office), saya rasa RAM (biasanya 2GB) udah cukuplah.
Beda lagi kalo kamu seorang Designer yg notabene memerlukan kecepatan akses data yang tinggi,  liat saja spek minimum PC buat menjalankan program-program desain grafis kaya Adobe After Effect, apalagi kalo anda seorang Gamers, RAM 4GB itu minimal (tergantung gamenya juga si)..,,,
Nah, pertimbangkan dulu tujuannya mau upgrade RAM, mau buat keperluan apa.

KEDUA "Sesuaikan Budget"
Nah ini nih yg biasanya jadi penunda kamu.. heheheeeee....
Kalo kamu pengen upgrade memory dengan spek tinggi, dan kita tau kalo harganya pun berbanding lurus,. Alternatifnya paling ya beli yang tipe lain. Tapi harga ya gak ajuh bedalah.  Namun semua kembali kepada spek prosesor laptop kamu... Penjelasannya dibawah ini..

KETIGA "Ketahui Spek Prosesornya"
Ini adalah hal yang sangat sekali pentingnya.  Setiap prosesor yang tertanam di lapotp punya batas kemampuan untuk penggunaan memory..
1. "Batas Penggunaan Memory"
Contoh nih, Laptop saya Asus A46CB i3-3217U yg pada keterangan spesifikasinya RAM bisa diupgrade maksimal sampai 8GB, kan percuma kalo mau up ke 16GB kalo yg kebaca tetep cuman 8GB..
Kalo yg i5 bisa nympe 16, trus buat yg i7 bisa nyampe 32 kalo gak salah ya....

2. "Arsitektur 32 ato 64bit"
kan ad tuh yang 32bit sama 64bit, Nah prosesor dengan arsitektur 32bit hanya bisa membaca RAM sampedengan 3.5GB.  Kalo yg berarsitektur 64bit bisa support RAM lebih dari 4GB..
buat ngeceknya tekan Win+R (Run) > ketikkan msinfo32 trus cari tulisan "system type". Nah disitu ada informasi tentang perosesornya. Kalo diawali dengan x86 bererti basicnya 32bit, kalo x64 berarti 64bit.



KEEMPAT "Spesifikasi RAM"
Spek RAM disini mencakup Type, dan juga kecepatan RAMnya...
Kebanyakan laptop reguler saat ini si typenya DDR3 yg macam ada yg PC8500, PC10600, PC12800, PC15000 dan PC16000. Dan data masing-masing kecepatannya adalah :
PC8500 = 1060 Mhz
PC10600 = 1333 Mhz
PC12800 = 1600 Mhz
PC15000 = 1875 Mhz
PC16000 = 2000 Mhz





Itu laptop saya, saya upgrade RAMnya 4GB jadi 8GB,. Merknya V-Gen SO-DIMM DDR3 PC12800, harganya ditempat saya cuman Rp 395ribu (pertengahan tahun 2015).

Sekian dulu Postingan kali ini, jumpa lagi di postingan yang lain, terimakasih sudah berkunjung...

55 comments :

  1. Wah tipe laptopnya sama nih dan sama juga ada niatan buat upgrade RAM ke 8 GB pertanyaan saya laptop tipe ini slot memorynya ada brp yah ? terus itu upgrade RAM nya 1 card 8GB atau (2x)4GB ? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry gan baru sempet bales...
      ini laptop asus a46cb punya 2 slot RAM, dan saya cuman nambah RAM 1 keping 4GB, karna RAM bawaannya udah 4GB gan,,
      jadinya 8GB,,,,

      Delete
    2. it jenis ram nya ap y gan

      Delete
  2. Kalok ram aslinya 4 gb trus mau ditambah 4gb lagi jdi total 8 bisa gk kalok i5

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, bisa lebih nyampe 32 16 ato 32 mungkin...

      Delete
    2. bisa gan, bisa lebih nyampe 32 16 ato 32 mungkin...

      Delete
    3. Gan bedanya ddr3L sama ddr3 apa?

      Delete
    4. Gan bedanya ddr3L sama ddr3 apa?

      Delete
    5. arti L itu Low, artinya RAMnya membutuhkan asupan daya yg sedikit gan...

      Delete
  3. koresi gan??? bukan ny intel bisa max 32GB?? saya baca di. http://ark.intel.com/products/65697/Intel-Core-i3-3217U-Processor-3M-Cache-1_80-GHz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas koreksinya gan,,,
      gax tau juga si itu, kalo saya liat di spek laptop max 8GB gan...
      tapi kalo dipikir" menurut saya si, percuma juga RAM gede kalo procienya cuman 2 core 1.8, jadi bottleneck gitu...

      Delete
    2. itu bukan 2 core gan tapi core i3 3227U

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Saya nyoba trik agan boro kebuka gan baut ane :( gaada yg bisa kebuka butuh solusi terbaik nih gan dibawa kemana

    ReplyDelete
  6. Saya nyoba trik agan boro kebuka gan baut ane :( gaada yg bisa kebuka butuh solusi terbaik nih gan dibawa kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa service center lah gan jalan terkhir, ntar malah rusak jadi nambah perkara

      Delete
  7. Bang sy kemarin ke toko komputer sy coba pasang memory merek vgen kok tdk ada yg ter detect yah, sy punya pc12800. Gimana gan?

    ReplyDelete
  8. memory yg baru sama yg lama sama sama pc12800 ???
    kalo gax kedetek biasanya slotnya kotor gan,,,

    ReplyDelete
  9. Gan saya juga punya laptop seperti sampean, tapi ram bawaanya 2 gb. Kalo untuk design2 CAD kira2 minimal saya belikan ram type berapa? Dan mereknya apa? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maf baru bales gan, kalo buat desain paling ngga RAMnya 4 GB gan, agan bisa nambahin ram 2 ato 4GB lagi, tipenya sama kaya tipe RAM bawaan, biasanya DDR3 gan, bisa diliat speknya di google gan...

      Delete
  10. RAM bawaan 4gb bisa ditambahin 8 gb?
    Jadi total 12 gb?

    ReplyDelete
  11. Gan,,, gua punya laptop asus a46cb juga nih,, core i5, brarti bisa upgrade sampek 16 ya..?
    oia,, gua juga mau tnya,, laptop gua sering ramnya berhenti ,, lampunya gak gerak,, hingga laptop gak bisa diapa apain,, kecuali dimatikan paksa,,
    tuh gimana solusinya ya..? Penyebabnya apa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,,
      mungkin slotnya kotor ato ada yg salah sama softwarenya, coba di instal ulang gan

      Delete
  12. Klo ram bawaan asus a46cb DDR3 PC12800 ya gan? Soalnya belum pernah dibuka sih. Kalau mau nambah ram berarti cari yg tipenya sama DDR3 PC12800 ya gan? Thanks

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Gan mau tanya, kebetulan laptop Ane sama persis kayak punya agan. Saya beli bulan November 2013 nah dulu zamannya pes 2013-2014/15 lancar2 aja dari sore ampek pagi dengan posisi sambil dicharger. Tapi skrg mainin game pes 2016 atau games lainnya cuman lancar kalau on battery kalau sambil di cas lag-lag dan Ane cek suhu prosessor puanas (over heat) padahal termal paste udah saya ganti 2 kali dan kipas sudah saya bersihkan. Apakah upgrade Ram jadi solusi? Apakah ada solusi lain? Terimakasih kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngelag karna overheat up RAM bukan solusi gan, mungkin kipasnya kotor gan, coba bongkar bersih bersih,trus pas main juga ventilasinya jangan ketutup gan,
      punya ane dulu waktu tahun pertama buat main BF4 juga lancar, tapi sekarang BF3 aja set low baru dapet 60fps,,, mungkin faktor umur juga gan udah 3 taon

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. gan mau tanya ane kan sama kaya ente asus a46cb i3 untuk RAMnya mau upgrade 8GB jdi total 12GB bisa? dan ane rencana RAM tambahannya DDR3 L bedanya am DDR3 biasa ap ya?

    ReplyDelete
  16. bisa gan, bedanya kalo yg L itu low consumption ato hemat daya listrik (1,35volt), kalo yg tanpa L itu lebih banyak makan daya listrik (1,5volt)

    thanks sudah berkunjung

    ReplyDelete
  17. Gan tanya, beberapa hari lalu saya beli ram 4 GB ( jadi 8 GB ) lalu terkadang ram terbaca 8GB kadang tidak ( kembali ke 4 GB) kenapa gan ? ketika terbaca 4 GB saya cek dengan dxdiag, control panel, dan bios akan tetapi ketika menggunakan CPU-Z dan Speccy tertulis 8GB. thx

    ReplyDelete
  18. Harga harddisknya brapa yakh kira2?
    Punya ane ilang gan..hhehhee
    Mau diservice jga..laptop ane mesinnya hidup..tapi layarnya gg nyala..

    ReplyDelete
  19. Harga harddisknya brapa yakh kira2?
    Punya ane ilang gan..hhehhee
    Mau diservice jga..laptop ane mesinnya hidup..tapi layarnya gg nyala..

    ReplyDelete
  20. numpang nanya gan
    leptop ane ASUS A46CB corei3, ram 4 gb.
    mau ane tambah 4GB lagi, jadi 8GB.
    ane buka leptop ane sudah tetancap ram merek "RAMAXEL 4GB 1RX8 PC3L-128008-11-11-B4 HF"
    kira-kira ram yag cocok DDR3L atau DDR3 biasa dan rekomendasi merek apa.?
    trimakasih sebelumnya..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ad yg DDR3L aja gan biar hemat daya, kalo merk sih banyak yg bagus, kingston, corsair, transcend, kalo saya si pake visipro karna adanya di tempat saya merk itu..

      Delete
    2. Maaf ralat, ikut ram bawaan yg bawaan aja gan, kalo udah ddr3l ambil yg ddr3l, kalo masih ddr3 y ikut aja, nanti biasanya kalo beda voltase ram nya gak kebaca, tpi kayanya core i3 udah support ddr3l

      Delete
  21. Nice inpoh :)

    yg ane juga sama type nya.

    ReplyDelete
  22. Bang mau nanya saya laptop saya kaya abang.trus saya mau nambah ram 4gb merk visipro cmn pas saya pasang malah laptop hang layap hitam smua otu solusinya gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ramnya dicopot lagi normal lagi gak gan?? coba dituker tempatnya sama RAM yg utama, kalo emang tetep hng brarti RAMnya gan..

      Delete
  23. bang, mau nanya. kalo laptop saya yang lama ddr3 4gb trus yang baru pake ddr3l 4gb, bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda voltase gan gak bisa, nanti malah bisa gak kebaca ram yg ddr3l nya,

      Delete
  24. bro cara liat kapasitas ram sesudah di pasang gmana ya ??
    fast resp
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di dxdiag gan, nanti disitu kliatan total ram nya

      Delete
  25. Bang tolong dong.. Punya ane Asus k46cb corei5 ,ane coba tambah 4gb visipro jdi 8gb,tpi kok bisa bluescreen ya klo pasang ram visipro.y,, help me :( pdhal tipe sama 12800,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spek ram nya sama gan??
      Klo BS nya semenjak up ram, bisa jadi slot ramnya rusak,
      Klo dicopot madih BS juga??

      Delete
  26. Saya kan punya l5 kan udah rusak slot yg satu bawaan ya kan cuma 4 gb pertanyaan saya apa bisa nambah 8x1 pc 12800 di laptop saya dengan serie kayak di atas

    ReplyDelete
  27. Untuk asus k46cb (beli skitar tahun 2013) apa ram menggunakan 1.5 V / 1.3 low voltage ya?, soalnya saya prnah baca klo yang lptop kluaran baru menggunakan low voltage 1.3 , dripada salah beli, mohon kasih jawaban nya , trmiakasih.

    ReplyDelete
  28. gan untuk laptop asus A46C core i3 bawaan ram 4gb. untuk rekomendasi upgrade ramnya pakai yang apa gan..

    ReplyDelete
  29. Gan slot kedua ram pada leptop ini ada d bagian mananya ya ?

    ReplyDelete